EAS DIGITAL MARKETING

  Nama     : Hafiza Salsabila

NIM        : 0220060

Kelas       : Manajemen Reg Sore D

REVIEW JURNAL



JUDUL: PENERAPAN GREEN PRODUCT DAN GREEN PACKAGING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DI ERA DIGITAL

 

  Reviewer :

            Nama   : Hafiza Salsabila

            Nim     : 0220060

            Kelas   : 

Pemasaran K32

Judul

 PENERAPAN GREEN PRODUCT DAN GREEN PACKAGING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DI ERA DIGITAL

Nama Penulis

Qinnara Pratita Loka1* , Nurwahdaniati2 , Usman Affandi Masmutia3 , Ayu Monica Sari4 , Livia Windiana5 , M. Zul Mazwan ,

Nama Journal

 Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA)

Volume, No, dan halaman

 Volume 7, Nomor 2 : 797-808

Tahun

2023

Link Download

bing.com/ck/a?!&&p=8e6924cab519cafaJmltdHM9MTcwNjQwMDAwMCZpZ3VpZD0zOTgyMDM4YS1hMGYwLTY0ZjQtMmZiNi0wYzIyYTFjODY1OWYmaW5zaWQ9NTIwMw&ptn=3&ver=2&hsh=3&fclid=3982038a-a0f0-64f4-2fb6-0c22a1c8659f&psq=PENERAPAN+GREEN+PRODUCT+DAN+GREEN+PACKAGING+SEBAGAI+STRATEGI+PEMASARAN+DI+ERA+DIGITAL&u=a1aHR0cHM6Ly9qZXBhLnViLmFjLmlkL2luZGV4LnBocC9qZXBhL2FydGljbGUvZG93bmxvYWQvMTcwMC82MzY&ntb=1

 

Latar Belakang Masalah

Saat ini warga bumi sedang diguncang oleh wabah virus covid -19 atau penyakit corona. Wabah ini sangat meresahkan masyarakat karena mengubah pola hidup manusia dan aspek-aspek kehidupan, diantaranya aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Sektor ekonomi mengalami kelumpuhan karena ada pembatasan beraktivitas untuk meminimalkan penyebaran virus. Sehingga, banyak karyawan yang terkena atau bekerja di rumah karena produktivitas berkurang. Semua aktivitas di luar rumah sangat dibatasi, sehingga warga lebih banyak berada di dalam rumah. Ketika ke luar rumah harus sesuai dengan protokol kesehatan, dengan memakai masker, membatasi berkomunikasi, menggunakan hand sanitazer, dan aturan prokes lainnya. Kondisi tersebut berdampak pada pola hidup manusia dalam kesehariannya, termasuk dalam hal berbelanja. Saat ini berbelanja secara Online menjadi salah satu trend pada kalangan masyarakat. Semakin banyak berkembang situs belanja dan toko online local dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing yang menyediakan wadah bagi penjual dan pembeli. Belanja secara on line ini membuat masyarakat merasa lebih nyaman karena tidak berinteraksi langsung dengan pihak lain. Pandemi Covid-19 juga menyebabkan masyarakat memiliki hobi baru untuk mengisi waktu luang selama di rumah (Sarastila et al., 2021).

Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui respon konsumen terhadap penerapan green product dan green packaging sebagai strategi pemasaran digital khususnya penjualan tanaman hias dan untuk mengetahui pengaruh terhadap peningkatan penjualannya.

Metode Penelitian

Sampel penelitian berjumlah 60 responden dengan teknik analisis data yaitu analisis kualitatif menggunakan Partical Least Square (PLS). 

Subyek dan Objek Penelitian

 Subjek:

Konsumen tanaman hias dalam dua bulan terakhir.

Produsen tanaman hias di Malang, Batu, dan Pasuruan.

Objek:

Green product (X1): Tanaman hias yang menggunakan media tanam dan pupuk yang ramah lingkungan.

Green packaging (X2): Penggunaan bahan dan desain yang berkelanjutan untuk pengemasan barang.

Place (X3): Tempat penjualan tanaman hias.

  Price (X4): Harga tanaman hias.


Hasil Penelitian

Hasil penelitian menunjukkan pengaruh yang positif terhadap penerapan green product dan green packaging, namun tidak signifikan. Hal tersebut dikarenakan responden menjawab setuju pada variabel green product, green packaging, place, dan price, namun belum diikuti pembelian selanjutnya oleh konsumen.

Kelebihan Penelitian

Karakteristik Responden: Penelitian ini melibatkan 60 responden, dengan karakteristik responden berdasarkan usia, pekerjaan, tingkat pendidikan, alamat, dan jenis kelamin. Hal ini memberikan gambaran yang komprehensif tentang tanggapan konsumen dan produsen tanaman hias terhadap penerapan green product dan green packaging

Kekurangan Penelitian

Penelitian ini memiliki ukuran sampel yang relatif kecil yaitu 60 responden dan dilakukan di wilayah geografis tertentu (Malang, Batu, dan Pasuruan). Oleh karena itu, generalisasi temuan pada wilayah atau populasi lain mungkin terbatas. Selain itu, meskipun penelitian ini menemukan dampak positif produk ramah lingkungan dan kemasan ramah lingkungan terhadap penjualan, pengaruhnya tidak signifikan secara statistik.

Diskusi / Rekomendasi

Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif namun tidak signifikan produk ramah lingkungan dan kemasan ramah lingkungan terhadap peningkatan penjualan. Oleh karena itu, merekomendasikan penelitian lebih lanjut untuk menggali faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen dan keputusan pembelian mengenai produk ramah lingkungan dan kemasan ramah lingkungan dalam pemasaran digital tanaman hias.



KESIMPULAN TUGAS KELOMPOK

Strategi Digital Marketing adalah startegi yang digunakan parapelaku bisnis dalam memaksimalkan potensi aktivitas digital marketing yang sedang dilaksanakan Media digital yang dapat digunakan dalam digital marketing antara lain website, media sosial, email, dan mesin pencari.

Jenis-jenis Digital Marketing

Ada banyak jenis digital marketing yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran. Berikut adalah beberapa jenis digital marketing yang paling umum digunakan:

·         Search Engine Optimization (SEO) adalah proses meningkatkan visibilitas website di mesin pencari. 

·         Search Engine Marketing (SEM) adalah proses beriklan di mesin pencari. 

·         Content Marketing adalah proses membuat dan membagikan konten yang bermanfaat dan relevan dengan target audiens. 

·         Email Marketing adalah proses mengirimkan email promosi kepada pelanggan atau calon pelanggan. 

·         Social Media Marketing adalah proses menggunakan media sosial untuk berinteraksi dengan target audiens. 

·         Affiliate Marketing adalah proses bekerja sama dengan pihak lain untuk mempromosikan produk atau jasa. 

·         Influencer Marketing adalah proses bekerja sama dengan influencer untuk mempromosikan produk atau jasa. 

Brand memakai jasa-jasa infulunecer dan orang-orang terkenal untuk memasarkan pruduk mereka fokus utamanya adalah untuk memperkenalkan pruduk mereka kepada audience yang ebih luas dengan menggunakan jasa influencer dan orang yang terkenal lainnya maka mereka mereka mengharapkan segmentasi pasar dan targeting pada orang-rang yang menyukai public figure tersebut. Tentu saja strategi ini dapat efektif meningkatkan penjualan dan brand awards.


ANALISIS UI, US, DAN UX 

PADA APLIKASI ACCESS BY KAI




BLOG dengan AIDA Copywriting berdasarkan google trends

https://bahaswithpija.blogspot.com/2024/02/libur-bersama-long-weekend-di-bulan.html






Komentar

Postingan populer dari blog ini

LIBUR BERSAMA LONG WEEKEND DI BULAN FEBRUARI, SAMPAI 4 HARI!!, INI DIA REKOMENDASI TEMPAT WISATA DI SUKABUMI